Pelaksanaan Pengerjaan MCK, Program DD Margahayu Mengundang Pertanyaan Publik Saat Ini.

TASIKMALAYA |–INDOTIPIKOR.COM/MEDIA LOYALIS PEMERINTAH–| Pemerintah Pusat sangat, Penuh perhatian akan kebutuhan Masyarakat di Semua Daerah di pedesaan, sangat Luar biasa untuk Respon’ memperhatikan keadaan desa yang ada di tanah air.

Terbukti,  dari  segala kebutuhan Desa Dari Sabang sampai Merauke pemerintah pusat dengan sangat sangat memperhatikannya, dan bahkan pemerintah sudah mengetuk untuk mengeluarkan anggaran anggaran dalam pertahun yang di sebut Dana Desa ( DD ) dengan berbeda kebutuhan yang di ajukan oleh pemerintah desa setempat dan berbeda beda dengan besaran nominalnya/ berpariatip.

Selasa. 21/11/2023 kami selalu petugas media indotipikor.com fast respon nusantara dengan rekan rekan tim media kontrol sosial Lainya, Meliputin ke desa margahayu wilayah kampung. pereng yang sedang melaksanakan pembangunan MCK dan sumur bor dengan anggaran RP;. 126.882.900 ( seratus dua puluh enam juta delapan ratus delapan puluh dua ribu sembilan ratus rupiah ) dengan pelaksana ppkd desa margahayu T.A Anggaran 2023.

Dari;  Beberapa  warga masyarakat yang menjadi narasumber yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan, bahwa pekerjaan pembuatan MCK dan sumur bor itu sangat menarik dan dengan biaya sangat besar,  Mengundang Banyak Pertanyaan Publik, Bila Diamati, padahal hanya pembuatan satu unit  MCK dengan pintu dua dengan ukuran 6m X 3m dan pembuatan sumur bor, tapi yang anehnya biaya tersebut cukup besar, Terkesan sangat miris sekali bila menganalisa biyaya serta dibandingkan dengan apa yang direalisasikan, kalau di kalkulasikan kayanya,tidak berbanding/seimbang dengan pakta yang ada, hal ini mengundang pertanyaan warga, ko bisa ya…??? katanya, yang padahal dana kalau kita hitung sangat jauh antara hasil pekerjaan dengan dana yang sudah ada, Katanya.

Di sambung lagi narasumber yang lainnya mengatakan, memang aneh dana besar tapi pekerjaan hanya pembuatan MCK dan sumur bor, apakah benar dana sebesar itu untuk pembuatan MCK dan sumur bor…? jangan jangan itu besar keuntungan bagi pemborongnya/ pelaku pelaksana,  kalau di borong kerja, katanya.

Dengan keterangan keterangan narasumber memang itu di duga tidak masuk akal, dana sebesar itu hanya pekerjaan MCK dan sumur bor, kalau seandainya pekerjaan itu di borong kan jelas banyak ke untungannya bagi pemborong,, Serta Tidak terlaksananya pemberdayaan masyarakat,  dan kalau di kerjakan dengan secara swakelola ( masyarakat ) Bisa Jadi, lebih  di duga keuntungannya  buat Para pelaku pengerjaan.

Jum,at. 1/12/2023 kami mendatangi Sekertaris Desa Margahayu yang berinisial “N” di ruang kantor.

Ia mengatakan, benar di Kp. Pereng RT. 003/001 ada Pekerjaan Pembangunan MCK dan Sumur Bor yang di peruntukan kebutuhan masyarakat dengan Anggaran Rp. 126.882.900.00 yang berikut PPh/PPN, dan pembangunan itu di tanah hibah serta pembuatan sumur bor ada di posisi kepemilikan halaman rumah, yang katanya bahwa air tersebut ada di seputaran itu yang memberikan tanah hibah. Katanya.

Dan ketika kami tanyakan mengapa bisa begitu mengenai sumur bor ada di halaman rumah yang memberikan hibah tanah untuk MCK….? Jawabannya di situ yang ada mata air yang banyak, katanya, dan ketika kami singgung dengan biaya keseluruhan berapa…? Jawabnya itu jangan mau tau masalah biaya, di karnakan itu urusan kepengurusan dan juga dana yang sudah di papan informasi itu juga berikut pajak. Katanya.

Dengan keterangan; Sekdes Margahayu yang hanya mengarahkan kepapan informasi serta media sepertinya harus menganalisa apa yang di tulis di papan informasi, serta harus memahami akan hal itu, . alhasil tidak memberikan keterangan yang lebih terperinci untuk di tulis,.

Untuk itu alangkah  Baiknya, Kepala Desa Margahayu harus segera tanggap/Responsip cros cek mengenai pekerjaan yang di danai dari dana desa, tersebut di karenakan janganlah dana desa di jadikan sebuah keuntungan pribadinya, bila itu memungkinkan. dan kalau seandainya kepala desa diam, menundang pertanyaan publik juga,  hal seperti ini menjadi buah simalakama buat kades yang menjadi pigur publik, Terkesan nya nanti para pembaca bisa jadi berbeda-beda persepsi, serta tanggapan,,Imbasnya Tetap kesan serta citra pak Kades menjadi analisa publik,  mengungdang,pertanyaan publik akan menjadi  berbeda beda..??bagai mana dana desa kedepannya apakah  akan di jadikan suatu pemamfa,atan yang tidak di inginkan…??? katanya..

Harapan Masyarakat pak Kades Memberikan Informasi serta meberikan solusi terbaik untuk semua pihak Rakyat Percaya Kades akan menindak lanjuti akan hal itu, Katanya.

Bersambung…

A. Firmansyah..

Redaksi
Redaksi
REDAKSI INDOTIPIKOR.COM-- BERSAMA; ORGANISASI MEDIA; FRN LOYAL KEPADA KORPS POLRI/TNI/PEMERINTAH/KEJAGUNG RI/KEMENTERIAN, LOYAL KEPADA -DEWAN PERS SERTA ORGANISASI PERS; AWDI,- PWI- AJI- SMSI-PWRI--ITJI--SWI-- AWI-AWPI PPWI-SPRI-FPII DLL...MENTAATI KODE ETIK JURNALISTIK, MENGIKUTI .UJI KOMPETENSI WARTAWAN/DIKLAT..KOMPETEN. SAJIKAN BERITA TANPA HOAX,,LOVE NKRI.,,BHINEKA TUNGGAL IKA,,-LOVE PANCASILA...LOVE INDONESIA RAYA....BOX REDAKSI SEMENTARA DISEMATKAN DEMI KEPENTINGAN KEAMANAN REDAKSI DARI HACKER...YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, DAN SEDANG DI REPISI ULANG,,,,INDOTIPIKOR ANTI HOAX.,,UTAMAKAN SAJIKAN BERITA AKTUAL FAKTUAL TAJAM TERPERCAYA, MENGUTAMAKAN EDUKASI KERUKUNAN MENUJU INDONESIA YANG SEMAKIN KONDUSIP SERTA BERMARTABAT AMAN NYAMAN DAMAI SEJAHTERA.

Tetap Terhubung

Ikuti Media Sosial Kami Untuk Mendapatkan Update Warta Terbaru

Warta Terkait

error: Content is protected !!