Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) mewaspadai arus mudik maupun arus balik saat Lebaran Idul Fitri.

Jakarta ––INDOTIPIKOR.COM– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) mewaspadai arus mudik maupun arus balik saat Lebaran Idul Fitri. Mendagri meminta Pemda agar mengecek berbagai infrastruktur transportasi untuk memastikan mobilitas masyarakat dapat berlangsung lancar.

“[Arus mudik dan arus balik] ini sudah ritual tahunan, Indonesia terkenal sebagai salah satu negara dengan arus mudik [dan] arus balik yang berjuta-juta orang, puluhan ratusan juta orang malah,” jelas Mendagri saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Pasokan & Harga Pangan Jelang Puasa dan Idul Fitri 2024 bertajuk “SPHP Aman, Ibadah Nyaman” di Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Mendagri mengimbau kepala daerah agar memperhatikan berbagai transportasi yang digunakan masyarakat, baik yang melalui jalur darat, laut, maupun udara. Dia mengingatkan, daerah yang telah memiliki infrastruktur jalan tol agar tidak lengah terhadap berbagai potensi hambatan di jalur lainnya, seperti adanya pasar tumpah.

Sementara daerah yang mengandalkan transportasi jalur laut agar segera mengecek kondisi pelabuhan-pelabuhan. Ini termasuk mengecek fasilitas yang dimiliki angkutan seperti kapal agar menyiapkan berbagai alat perlengkapan keselamatan yang dibutuhkan penumpang. “Fasilitas kapal-kapal yang mengangkut penumpang wajibkan untuk menyiapkan pelampung dan [penumpang] memakai pelampung, ini harus menjadi habit kita kebiasaan kita,” ujarnya.

Dia menjelaskan, langkah tersebut dibutuhkan untuk menghindari adanya korban jiwa ketika terjadi kecelakaan di jalur laut. Dirinya menyinggung salah satu peristiwa kecelakaan di jalur perairan yang mengakibatkan adanya korban tenggelam karena tidak menggunakan alat pengaman.

“Nah, satu saja kejadian di daerah lain kita fokus kepada Jawa dan Sumatera karena arus mudik dan arus baliknya paling banyak, jutaan, tapi satu kecelakaan kapal di daerah itu akan mencoreng semuanya,” jelas Mendagri.

Dirinya kembali menekankan pentingnya Pemda mengecek berbagai infrastruktur transportasi sebelum Ramadan maupun Lebaran tiba. Langkah itu dilakukan dengan berkoordinasi bersama petugas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terutama untuk mewajibkan semua angkutan dilengkapi alat pengaman seperti pelampung. “Itu penting sekali, sepele, tapi kejadian setiap tahun selalu ada,” tandasnya.

Puspen Kemendagri.

SUTIAMAN ST

Redaksi
Redaksi
REDAKSI INDOTIPIKOR.COM-- BERSAMA; ORGANISASI MEDIA; FRN LOYAL KEPADA KORPS POLRI----ZONNA PRESCOON & RELEASE MITRA POLRI/TNI/PEMERINTAH/KEJAGUNG RI/KEMENTERIAN,.MA/MK- LOYAL KEPADA -DEWAN PERS SERTA ORGANISASI PERS; AWDI,- PWI- AJI- SMSI-PWRI--ITJI--SWI-- AWI-AWPI PPWI-SPRI-FPII DLL...MENTAATI KODE ETIK JURNALISTIK, MENGIKUTI .UJI KOMPETENSI WARTAWAN/DIKLAT..KOMPETEN. SAJIKAN BERITA TANPA HOAX,,LOVE NKRI.,,BHINEKA TUNGGAL IKA,,-LOVE PANCASILA...LOVE INDONESIA RAYA....BOX REDAKSI SEMENTARA DISEMATKAN DEMI KEPENTINGAN KEAMANAN REDAKSI DARI HACKER...YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, DAN SEDANG DI REPISI ULANG,,,,INDOTIPIKOR ANTI HOAX.,,UTAMAKAN SAJIKAN BERITA AKTUAL FAKTUAL TAJAM TERPERCAYA, MENGUTAMAKAN EDUKASI KERUKUNAN MENUJU INDONESIA YANG SEMAKIN KONDUSIP SERTA BERMARTABAT AMAN NYAMAN DAMAI SEJAHTERA.

Tetap Terhubung

Ikuti Media Sosial Kami Untuk Mendapatkan Update Warta Terbaru

Warta Terkait

error: Content is protected !!