Dukung Kesehatan Reproduksi Catin, Wabup Ciamis Ikuti Webinar Bersama Kemenkes RI.

CIAMIS, ––ASOSIASI WARTAWAN DEMOKRASI INDONESIA– Kementerian Kesehatan RI, melalui Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat menggelar webinar Pelayanan Kesehatan Reproduksi bagi Calon Pengantin (CATIN).

Webinar tersebut merupakan pertemuan advokasi kepada Pemerintah Daerah dalam mendukung pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Reproduksi bagi CATIN yang diikuti oleh seluruh Kepala Daerah atau yang mewakili.

Sebagai wujud dukungannya, Wabup Ciamis Yana D Putra mengikuti kegiatan tersebut bersama Kadinkes Ciamis, Kepala Dinas P3AKB serta pihak terkait seperti Pengadilan Agama, Kemenag dan lainnya.

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes, drg. Kartini Rustandi M.Kes dalam arahannya mengatakan pelayanan kesehatan tersebut bertujuan untuk menurunkan resiko masalah kesehatan pada kehamilan utamanya menurunkan AKI, AKB dan Stunting.

“Lebih jauhnya yaitu untuk meningkatkan kualitas kesehatan agar menjadi SDM unggul dan berdaya saing,” Ucapnya.

Selanjutnya, Ia mengatakan untuk suksesnya pelayanan kesehatan reproduksi bagi CATIN tersebut memerlukan dukungan dari berbagai lintas sektoral seperti BKKBN, Kemenag dan Kemendagri.

“BKKBN sebagai penggerakan masyarakat, Kemenag untuk penggerakan Lembaga Agama, KUA dan rumah ibadah, sementara Kemendagri lebih ke Penggerakan Pemerintah Daerah,” Terangnya.

Dijelaskan Kartini, untuk edukasinya sendiri dilakukan pada tiga bulan sebelum hari pernikahan, oleh petugas kesehatank, petugas KUA atau Lembaga Agama yang telah di orientasi sebelumnya.

“Minimal dengan ini akan meningkatkan kesadaran para CATIN untuk lebih menjaga kesehatan diri dan pasangan serta calon bayi yang akan dilahirkan,” Jelasnya.

Sementara untuk pemeriksaan kesehatannya sendiri dapat dilaksanakan di Puskesmas terdekat oleh petugas kesehatan.

“Ini penting untuk mengetahui status kesehatan CATIN, untuk mencegah penularan penyakit pada pasangan serta mempersiapkan kehidupan rumah tangga yang sehat,” Tandasnya.

PROKOPIM CIAMIS

MAT ROBI SENTER AWDI CIAMIS JABAR.

Redaksi
Redaksi
REDAKSI INDOTIPIKOR.COM-- BERSAMA; ORGANISASI MEDIA; FRN LOYAL KEPADA KORPS POLRI----ZONNA PRESCOON & RELEASE MITRA POLRI/TNI/PEMERINTAH/KEJAGUNG RI/KEMENTERIAN,.MA/MK- LOYAL KEPADA -DEWAN PERS SERTA ORGANISASI PERS; AWDI,- PWI- AJI- SMSI-PWRI--ITJI--SWI-- AWI-AWPI PPWI-SPRI-FPII DLL...MENTAATI KODE ETIK JURNALISTIK, MENGIKUTI .UJI KOMPETENSI WARTAWAN/DIKLAT..KOMPETEN. SAJIKAN BERITA TANPA HOAX,,LOVE NKRI.,,BHINEKA TUNGGAL IKA,,-LOVE PANCASILA...LOVE INDONESIA RAYA....BOX REDAKSI SEMENTARA DISEMATKAN DEMI KEPENTINGAN KEAMANAN REDAKSI DARI HACKER...YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, DAN SEDANG DI REPISI ULANG,,,,INDOTIPIKOR ANTI HOAX.,,UTAMAKAN SAJIKAN BERITA AKTUAL FAKTUAL TAJAM TERPERCAYA, MENGUTAMAKAN EDUKASI KERUKUNAN MENUJU INDONESIA YANG SEMAKIN KONDUSIP SERTA BERMARTABAT AMAN NYAMAN DAMAI SEJAHTERA.

Tetap Terhubung

Ikuti Media Sosial Kami Untuk Mendapatkan Update Warta Terbaru

Warta Terkait

error: Content is protected !!