Bupati Ciamis Mendorong Pertanian Ramah Lingkungan Melalui Sekolah Lapangan

CIAMIS,-–ASOSIASI WARTAWAN DEMOKRASI INDONESIA– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Sekolah Lapangan Pertanian Ramah Lingkungan tingkat Kabupaten Ciamis di Aula Dinas Pertanian pada senin (26/02/2024).

Kegiatan ini merupakan langkah terobosan dalam meningkatkan hasil pertanian dan peternakan berbasis teknologi di wilayah Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menekankan pentingnya sektor pertanian dan peternakan yang sedang menjadi primadona di tanah air, termasuk di Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis.

“Ketahanan pangan menjadi prioritas pembangunan kita di tahun 2024, dan pertanian memainkan peran penting dalam mencapai tujuan tersebut,” ujarnya.

Beliau juga menyoroti anggapan bahwa kabupaten Ciamis rawan pangan, menyatakan bahwa naiknya harga pangan saat ini tidak mencerminkan hal tersebut.

“Ciamis, khususnya bagian selatannya, adalah salah satu penopang lumbung padi di Jawa Barat. Selain itu, Ciamis juga merupakan penyuplai daging ayam ras dan telur terbesar kedua di wilayah ini,” tambahnya.

Dengan kekayaan alam yang luar biasa, termasuk sumber air yang melimpah, Bupati menyatakan bahwa optimalisasi potensi alam ini akan membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Oleh karena itu, beliau sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan hasil pertanian serta peternakan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita dalam bidang pertanian dan peternakan,” harapnya.

Kegiatan sosialisasi Sekolah Lapangan Pertanian Ramah Lingkungan diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam mendukung pertanian dan peternakan berkelanjutan di Kabupaten Ciamis.

Slamet Budi Wibowo, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Ciamis, menyatakan kegiatan ini sebagai komitmen pemerintah Kabupaten Ciamis dalam menjaga ketersediaan pangan yang sehat dan cukup untuk masyarakat.

“Tahun 2024 ini, dalam upaya memperluas pertanian ramah lingkungan, DPKP Ciamis akan melaksanakan pembukaan sekolah lapangan pertanian ramah lingkungan di 26 kecamatan, ” Ucapnya.

Dari total 26 kecamatan tersebut, 22 kecamatan akan memfokuskan pada komoditas padi, sementara 4 kecamatan lainnya akan memprioritaskan komoditas tanaman pekarangan.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh 25 petani dari setiap kecamatannya, terdiri dari 13 anggota kelompok petani pelaksana sekolah lapangan dan 12 petani muda dengan usia maksimal 39 tahun,” jelasnya.

PROKOPIM CIAMIS,

MAT ROBI SENTER AWDI CIAMIS JABAR.

Redaksi
Redaksi
REDAKSI INDOTIPIKOR.COM-- BERSAMA; ORGANISASI MEDIA; FRN LOYAL KEPADA KORPS POLRI----ZONNA PRESCOON & RELEASE MITRA POLRI/TNI/PEMERINTAH/KEJAGUNG RI/KEMENTERIAN,.MA/MK- LOYAL KEPADA -DEWAN PERS SERTA ORGANISASI PERS; AWDI,- PWI- AJI- SMSI-PWRI--ITJI--SWI-- AWI-AWPI PPWI-SPRI-FPII DLL...MENTAATI KODE ETIK JURNALISTIK, MENGIKUTI .UJI KOMPETENSI WARTAWAN/DIKLAT..KOMPETEN. SAJIKAN BERITA TANPA HOAX,,LOVE NKRI.,,BHINEKA TUNGGAL IKA,,-LOVE PANCASILA...LOVE INDONESIA RAYA....BOX REDAKSI SEMENTARA DISEMATKAN DEMI KEPENTINGAN KEAMANAN REDAKSI DARI HACKER...YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, DAN SEDANG DI REPISI ULANG,,,,INDOTIPIKOR ANTI HOAX.,,UTAMAKAN SAJIKAN BERITA AKTUAL FAKTUAL TAJAM TERPERCAYA, MENGUTAMAKAN EDUKASI KERUKUNAN MENUJU INDONESIA YANG SEMAKIN KONDUSIP SERTA BERMARTABAT AMAN NYAMAN DAMAI SEJAHTERA.

Tetap Terhubung

Ikuti Media Sosial Kami Untuk Mendapatkan Update Warta Terbaru

Warta Terkait

error: Content is protected !!